LEBARAN KETUPAT

Seminggu setelah lebarah Idul Fitri, suatu tradisi masyarakat Lombok adalah perayaan lebaran ketupat. lebaran ketupat ini adalah merupakan kemenangan setelah idul fitri karena lebaran ini sebagai kemengan bagi masyarakat karena telah melaksanakan puasa sunat selama satu minggu.

Sebagian besar masyarakat pergi ke berbagai tempat rekreasi untuk merayakan hari kemenangan ini, sebleum keluar rekreasi, biasanya dilaksanakan suatu acara di masjid, yang biasanya diadakan acara cukuran (cukur rambut bagi bayi yang baru dilahirkan / balita). Setelah acara ini selesai barulah masyarakat keluar untuk rekreasi bersama keluarga dan pada umumnya makanan yang dibawa adalah berupa ketupat beserta lauk pauknya.

Pada lebaran ketupat ini hampir di semua tempat dipenuhi oleh masyarakat, khususnya acaranya ini sebagian besar terpusat di Kota Mataram, disepanjang pantai dan tempat-tempat makam para ulama yang terkemuka. Sebagian lagi ditempat rekreasi yang sudah ada dan pada umumnya tempat rekreasi yang sudah ada yang berada di Kabupaten Lombok Barat, namun lumpahan keramian sebagian besar di Kota Mataram, dipinggiran atau lokasi pantai.

Oleh karena itu kegiatan perkantoran maupun usaha pada umumnya, setelah lebaran masih keliatan ndak berjalan sebelum lebaran ketupat terlekasana, suasana kerja baik di instansi pemerintah maupun swasta terlihat lengang sebelum seminggu, lebaran ketupat ini dilaksanakan selalu setelah seminggu lebaran idul fitri, hal ini dikarenakan puasa sunat dilaksanakan selama 6 hari.

Semoga puasa kita di tahun 1439 H mendapatkan hidayah dari-Nya sehingga kita betul-betul menjadi pemenang dan mendapatkan derajat taqwa dari-Nya, amiiiin  Ya Robbal Alamiiin

Wassalam,

Syaiful Hanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: